1 Day 10 Minutes Bacain Buku (Meningkatkan IQ)

WhatsApp Image 2019-06-13 at 16.04.53

” Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu. Mari jatuh cinta. ” ( Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia )

Semua berawal dari saya yang memang serasa tiada bisa hidup tanpa buku, ceileh. Ada rasa bahagia tersendiri yang tak bisa dilukiskan saat melihat perpustakaan kecil bisa nangkring di pojok rumah, saat menutup lembar terakhir buku yang sedang kita baca, dan saat mendapat kesempatan amanah menambah koleksi buku baru lagi. Lebih dari semua itu, saya merasa terlahir kembali menjadi orang yang baru saat selesai menamatkan satu buku.

Lalu kemudian, ingin rasanya pengalaman ini saya berikan kepada Ula, agar kelak ia menjadi orang yang bermanfaat lebih banyak melalui kecintaannya pada buku. Namun saya sadar, Ula bukan saya. Saya tak bisa memaksanya. Tapi siapa sangka, di usianya yang menginjak 7 bulan ia mulai menunjukkan gejala curi-curi pandang pada buku. Setiap kali emaknya pegang buku seketika itulah matanya berbinar-binar. Tak menunggu lama, saya mencoba memberikannya satu paket buku dai BBW. Dan tentu, girangnya bukan main. Dia tahan berlama-lama ngulik bukunya sembari emaknya masak di dapur hehe.

Sejak itulah saya tahu bahwa gen buku itu ada. Gen buku yang dimaksud disini tentu dipengaruhi dari lingkungan yang membiasakan anggotanya membaca atau berdekatan dengan buku. Maka dengan sendirinya anak akan bercermin dan terbiasa oleh adanya buku serta penggunaannya.

Di usianya yang kini 2 tahun 4 bulan, ia semakin menunjukkan banyak perkembangan luar biasa dari kegemarannya pada buku. Ula lebih mudah mempelajari dan mengingat kosa kata yang ia kenal bahkan ia dengar satu – dua kali saja. Ia juga lebih mudah diajak komunikasi dua arah meski masih terbata-bata, namun ia mengerti. Banyak pelajaran yang dia ambil dari buku yang dibacakannya setiap hari, salah satunya dari buku Little Abid kesayangannya.

Oleh karenanya, membaca buku bagi saya merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk membantu anak meningkatkan kecerdasan intelektualnya (IQ), selain kosa kata yang lebih banyak dan mudah ia dapatkan, membaca buku mampu memenuhi fitrah belajar dan rasa ingin tahunya yang tinggi. Apalagi seusia Ula sekarang, ribuan pertanyaan ‘ini apa’ mampu ia lontarkan tanpa kenal lelah dalam seharian 😀

Berdasar dari alasan itulah saya menyadur kegiatan #1Day10MinutesBacainBuku ke Ula, alasannya simpel, apa yang kita tanam ialah yang akan kita tunai nantinya. Karena stimulus bagaikan sang surya menyinari dunia, hanya memberi tak harap kembali. Lakukan saja, waktu yang akan menjawabnya 🙂 Biarkan Ula tahu bahwa bonding yang kami ciptakan sejak dini, menjadi saksi cinta yang tak bisu di masa depannya nanti.

Bismillah, doakan istiqomah ya. Sudah memasuki hari ke-7 nih ..

#Hari1
#Gamelevel3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBundaSayang
#Bunsay5
#Tantangan10Hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s