Day 10: 5 Rekomendasi Buku Fiksi Fantasi

1461476679-1461144367

Gambar disini

Tema ini adalah termasuk tema yang paling saya suka, why ? ya apalagi kalau bukan tentang satu barang yang bagi hidup saya adalah harta karun berharga. Yes ! That’s Books.

Bisa baca juga tentang buku disini

Jujurly, saya pecinta buku genre fiksi. Semula saya merasa minder yah, kenapa saya ngga bisa terbiasa dan cinta juga sih sama buku buku non fiksi. Padahal non fiksi kan isinya banyak ilmu kerennya, fiksi mah apa atuh ibarat cemilan yang hanya nikmat sesaat. Apaakah ini karena kebiasaan dari kecil? Atau mindset saya yang udah bilang ‘males’ duluan sama Non Fiksi?

Dan akhirnya pertanyaan ini terjawab saat saya ikutan Seminar Online “Learning Skill” bersama Bapak Teguh Juliawan, kebetulan saat itu saya jadi moderator, jadilah bener-bener ikutan nyimak dan ngerasa permasalahan saya terjawab sudah. Ternyata oh ternyata, saya ini termasuk tipe pembelajar gaya Verbal, dimana pembelajar tipe ini sangat menyukai kata-kata, apa-apa ditulis, dan pecinta NOVEL garis keras 😀 yess, dia akan sangat suka dengan kata-kata puitis, maka dari itulah tipe Verbal biasanya orangnya melankolis juga. Cucok ! Eh ada satu lagi siiih, Tipe Verbal tuuh CEREWET 😀 hahaha.

Nah, kembali dari alasan itu, disini saya ingin merekomendasikan 5 Buku Fiksi Fantasi yang menurut saya kereeen, dan WAJIB kamu baca jika memang kamu sesama pecinta FIKSI garis keras. Okey ? Yuk Cekidooot !

AROMA KARSA by Dee Lestari

Buku-Aroma-Karsa-e1522668906740

Gambar disini

Dari sebuah lontar kuno, Raras Prayagung mengetahui bahwa Puspa Karsa yang dikenalnya sebagai dongeng, ternyata tanaman sungguhan yang tersembunyi di tempat rahasia.

Obsesi Raras memburu Puspa Karsa, bunga sakti yang konon mampu mengendalikan kehendak dan cuma bisa diidentifikasi melalui aroma, mempertemukannya dengan Jati Wesi.

Jati memiliki penciuman luar biasa. Di TPA Bantar Gebang, tempatnya tumbuh besar, ia dijuluki si Hidung Tikus. Dari berbagai pekerjaan yang dilakoninya untuk bertahan hidup, satu yang paling Jati banggakan, yakni meracik parfum.

Kemampuan Jati memikat Raras. Bukan hanya mempekerjakan Jati di perusahaannya, Raras ikut mengundang Jati masuk ke dalam kehidupan pribadinya. Bertemulah Jati dengan Tanaya Suma, anak tunggal Raras, yang memiliki kemampuan serupa dengannya.

Semakin jauh Jati terlibat dengan keluarga Prayagung dan Puspa Karsa, semakin banyak misteri yang ia temukan, tentang dirinya dan masa lalu yang tak pernah ia tahu.

MasyaAllah ~ ini lebih masuk ke Science Fiction kali yah, tapi pliiiiss, Ibu Suri Dee Lestari, aku padamuuuuuuuuu :’)

SUPERNOVA by Dee Lestari

novel-supernova

Gambar disini

Yes ! Lagi lagi karya Ibu Suri kita, Dee Lestari 🙂

Membaca Supernova ini mengingatkan saya akan novel Andi Bombang yang berjudul Kun Fayakun. Awal novel ini adalah tentang bos mafia Jakarta sakti mandraguna bernama Hardi Kobra. Di akhir novel, Hardi Kobra insyaf dan menempuh jalan spiritual. Jadilah novel ini berubah dari perang-perangan seru menjadi pembahasan tarekat dan makrifat Islam, kitab Al-Hikam, dan semacamnya.

Supernova sama. KPBJ, Akar, Petir, Partikel dan Gelombang dominan bercerita tentang perjuangan hidup tokoh-tokohnya. Re yang patah hati ditinggal Rana. Bodhi yang asyik backpacking lintas Asia Tenggara. Elektra yang sukses sebagai pengusaha Warnet. Juga konflik Zarah dengan keluarganya dan kesuksesan dia sebagai fotografer wildlife. Sedangkan Gelombang dan IEP dominan bercerita tentang konsep kepercayaan ini. Jadi mungkin buat pembaca akan merasa aneh dan novel ini tidak bagus karena perubahan dominasi ini.

Saya rasa, konsep dasarnya dari kepercayaan Hindu/Buddha mengenai reinkarnasi dan samsara. Bahwa manusia ini hidup dalam jerat penjara abadi yang terus berulang dari siklus kelahiran ke kematian. Dari situ dikembangkan penulis hingga jadi peran Penjaga (Sarvara) dan Peretas yang dibantu Infiltran. Peretas berusaha mendobrak suatu portal yang penjagaannya melemah karena siklus bumi tertentu untuk menyelamatkan manusia dari samsara. Ini menjadi perang abadi antara Sarvara melawan Peretas.

Inti kepercayaan ini adalah, bahwa dunia ini abadi dan manusia yang belum sempurna akan terlahir kembali dan begitu saja terus berulang.

Tentu saja, eksistensi manusia menurut agama saya, Islam, tidak begitu adanya. Dunia ini hanyalah persinggahan sementara. Setelah ini akan ada alam kubur (Alam Barzah) tempat menunggu hari akhir tiba, setelah itu manusia akan ditimbang amal baik dan buruknya di hari pembangkitan di Padang Mahsyar untuk kemudian abadi di alam akhirat (Surga dan Neraka).

HARRY POTTER by J.K Rowling

buku_harry_potter_1471006085_ee9eba96

Gambar disini

Siapa sih yang nggak kenal sama Penyihir Berkacamata Ganteng ini ? Meski udah nonton filmnya berulang kalipun, novelnya tetap memiliki rasa tersendiri bagi saya. Yes, karena ini fantasi, jelas ada beberapa hal yang tak mampu di interpretasikan melalui kamera. Dan itu, hanya bisa kita nikmati saat membaca novelnya 🙂

Dari buku inilah saya mulai menyukai apa itu FIKSI.

Daya tarik Harry Potter antara lain karena kepiawaian Rowling mengolah jalan cerita atau plot yang selalu saja mengejutkan. Penggemar setia Harry Potter -yang merasa mengenal betul tokoh-tokoh di seri tersebut- tetap saja dibuat tercengang dengan kejutan di akhir cerita setiap buku.

5 CM by Donny Dhirgantoro

571510026_5_cm_edisi_mega_best_seller_dasawarsa_ganti_cover___w200_hauto

Percayalah ! Lewat buku ini banyak sekali mimpi-mimpi saya yang tercoret. Keyakinan tentang impian hanya berkisar 5cm dari kening kita sahaja. Dekat. Sangaat dekat. Sedekat itulah kita dengan impian kita 🙂

Lima sahabat telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Mereka adalah Arial yang paling tampan, Riani sebagai satu-satunya wanita dalam kelompok itu, Zafran yang berlagak seperti seorang penyair, Ian yang paling subur badannya, dan Genta yang dianggap sebagai leader dalam kelompok itu. Kegemaran mereka adalah mengeksekusi hal-hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari kafe paling terkenal di Jakarta, sampai nonton layar tancap. Semuanya penggemar film, dari film Hollywood sampai film yang nggak kelas—kecuali film India karena mereka punya prinsip bahwa semua persoalan di dunia atau masalah pasti ada jalan keluarnya, tapi bukan dalam bentuk joget.

Suatu saat, karena terdorong oleh rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah telah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta. Sebuah perjalanan yang telah mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya, bukan Cuma seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan, dan punya nama.

“Ada yang pernah bilang kalau idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh generasi muda….”

2 by Donny Dhirgantoro

11978369.jpg

Yes ! Ini buku kedua dari penulis buku 5cm. Dan fix ! Saya nangis beraaaaaat sesenggukan ngabisin tisu sekotak. Buku ini luar biasa menyadarkan kita tentang betapa pentingnya keyakinan dan berterimakasih pada diri sendiri, pada semesta.

Ini Bulutangkis, dan Ini Indonesia, dimana impian dibawa ke dunia nyata, tidak berlaku untuk Gusni Annisa Puspita, remaja yang ‘kelebihannya’ adalah keterbatasannya. Cita-citanya sejak kecil untuk membuat orang tuanya senang dengan bermain bulutangkis terus kandas.

Suatu malam sebuah kenyataan pahit datang untuknya, sebuah kenyataan tak berperi, hidup yang tidak berpihak kepadanya, kenyataan yang berbicara lantang kalau bermimpi saja tidak akan pernah cukup.

Dan, perempuan Indonesia dengan segala keterbatasannya itu memutuskan untuk melawan, memutuskan untuk terus berjuang demi impiannya, memutuskan untuk terus mencintai hidup yang tidak pernah sempurna.

Memutuskan untuk berani mencintai, dan mencintai dengan berani…

Done ! Ini 5 buku favoritmu. Mana buku favoritmu ?

Vinda

#bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s