Day 5: Media Sosial dan Tingkah Laku Penggunanya

Media-Sosial-Untuk-bisnis

Gambar disini

Barangkali kita pernah berpikir, cara menggunakan Media Sosial itu seperti apa sih sebenarnya?

Sesungguhnya, tidak ada panduan khusus dalam bermedia sosial. Sebab pada dasarnya, media sosial itu bentuk terjemahan dari interaksi dan bersosialisasi dalam dunia nyata, hanya saja dalam media tertentu.

Namun jika kita perhatikan ada beberapa pola perilaku para pengguna Media Sosial yang seringkali kita temukan dalam pandangan saya. Pola perilaku ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor usia.

Usia Sekolah – Remaja

Secara umum, pengguna Media Sosial dimulai dari usia sekolah hingga remaja. Mungkin antara SMP – SMA ya, mungkin ada yang sejak SD juga, namun kecil persentasenya. Nah, pada usiaย  ini, Media Sosial bisa berguna sebagai hiburan dan bersenang – senang. Bahkan, Media Sosial ini bisa kita terjemahkan sebagai mainan anak masa kini. Bisa kita lihat, sangat jarang bahkan tidak pernah ada anak yang melakukan permainan tradisional seperti petak umpet, lompat tali, bola bekel, egrang dan semacamnya.

Pengguna pada usia ini penting mendapatkan perhatian khusus dari orang tua, atau pihak yang bertindak sebagai orang yang berwenang menjadi bagian yang berperan aktif dalam tumbuh kembang kepribadiannya, yang dalam hal ini guru.

Sebenarnya, pada usia ini tidak baik menggunakan Media Sosial. Namun apa boleh buat, realitas kehidupan sudah memberikan data demikian. Dan penting menjadi perhatian serius untuk pada orang tua agar benar-benar memperhatikan anak – anak apabila sudah terlanjur, namun jika bisa jangan sampai terjadi.

Usia Dewasa Awal

Pada usia ini, atau bisa kita sebut usia kuliah (19-24 tahun). Kegunaan media sosial sudah lebih variatif dan mengikuti kecenderungan si penggunanya. Dan yang jelas pengguna media sosial pada usia ini lebih pada untuk sarana mengeksplorasi dunia yang digemarinya. Serta tidak jarang aktivitas bermedia sosial pada usia ini bisa berdampak pada aktivitas usia berikutnya yakni usia dewasa lanjut.

Usia Dewasa Lanjut

Pada usia ini, media sosial bisa beralih fungsi sebagai sarana mencari uang, tidak sedikit kita jumpai pada timeline kita hampir 85% lebih isi postingan friendlist kita adalah promo, baik promo jualan atau bisa juga mengkampanyekan suatu visi dan misi.

Itu gambaran secara umum saja, namun yang lebih penting adalah bagaimana caranya media sosial yang kita gunakan, bisa memberikan dampak yang positif bagi kita, serta bagi orang lain seharusnya.

Jadi, media sosial bagimu untuk apa ?

Salam sosial
Djie..

 

#bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018

5 thoughts on “Day 5: Media Sosial dan Tingkah Laku Penggunanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s